Semangat pagi

Live is about a choice, depend on the frame of mind we choose

Homework #4 Februari 20, 2008

Filed under: Naik Tangga — muliaarif @ 5:31 pm

Peta bukanlah wilayah, demikian perumpamaan Alfred Corzibski, ahli matematika Polandia. Peta adalah persepsi, wilayah adalah hidup kita. Bahwa persepsi tidak sama dengan kenyataan, sering banget terjadi dengan kehidupan kita sehari-hari. Kalau kita kepentok masalah hanya ada dua cara melihatnya; masalah = bencana atau masalah = tantangan/cobaan. Kelihaian kita memilihlah yang pada akhirnya menentukan akhir cerita dari kisah tersebut. Tidak jarang kalau dihadapkan dengan masalah, rasanya kitalah yang menjadi orang paling malang di dunia ini… Ada satu cerita, seorang ibu sedang menunggu kereta api untuk pulang ke kampung halamannya. Namun karena ada keperluan yang sangat penting, Ibu tersebut keluar dari stasiun kereta dan berniat kembali secepatnya, sebelum kereta api berangkat. Namun, setibanya di stasiun, kereta api tersebut sudah berangkat. Ibu tersebut sangat amat marah. Dia menuju petugas kereta api sambil memaki-maki karena kereta api diberangkatkan lebih cepat dari jadwal.
Keesokan harinya, Ibu tersebut kembali lagi ke stasiun kereta api dan mendengar berita bahwa kereta api yang seharusnya ditumpanginya kemarin mengalami kecelakaan, sehingga banyak penumpang yang meninggal dunia. Ibu itu tersentak, “seandainya aku ikut kereta kemarin, mungkin aku menjadi salah satu korbannya”

Viuuuh, peta memang bukanlah wilayah. Semoga saja kita termasuk orang-orang yang tidak pernah berhenti mengaplikasian “teknik” ini di kehidupan sehari-hari, sehingga kita bisa lebih fokus untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih penting. Siip, pasti bisa kalau usaha dan kemauan yang dashyat. Mari mulai dari sendiri dan mulai hari ini. Tetap semangat!

Source: Dr. Ibrahim Elfiky, Terapi NLP…
MA, Jkt 20 February 2008, 17.29, sound familiar?

 

4 Responses to “Homework #4”

  1. baliazura Says:

    uppsss….. moderation mode is on?

  2. agoyyoga Says:

    Bu.. bu bisa lebih di enhance lagi untuk kalimat yang ini;

    Peta adalah persepsi, wilayah adalah hidup kita

    matursuksma..

  3. muliaarif Says:

    baliazura: Siip Bli, dah pernah ‘dilahap’ dan diulang lagi, biar tambah lezat. Moderation mode on? Wah, mana aku berani? Mungkin karena email addressnya agak berbeda kali…
    *tersenyum simpul, tanpa arti * (bandel banget yak)

    Yoga: Sorry bos, Peta adalah paragidma (kacamata) kita sedangkan wilayah adalah hidup yang sebenarnya…
    *Ngusap-ngusap dagu, sambil bertanya dalam hati, “apakah….”* 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s