Semangat pagi

Live is about a choice, depend on the frame of mind we choose

Brain Dominance – Part 1 November 23, 2007

Filed under: Naik Tangga — muliaarif @ 2:08 pm

Menurut Bapak Farid Poniman, salah satu pencetus metode Kubik Leadership, Brain dominance (BD) manusia terbagi menjadi 4 bagian, brain dominance atau mesin kecerdasan ini adalah genetik, alias bawaan lahir. Sayangnya, karena besarnya pengaruh lingkungan terhadap seseorang yang dalam hal ini porsinya 80% sementara genetik hanya 20%, BD ini sering tidak begitu terlihat secara significant. Untuk mengetahuinya, kita perlu mengadakan pengamatan dari tingkah laku, reaksi, kebiasaan dan beberapa faktor yang lainnya.

Awalnya saya cukup skeptik setelah mendapat pencerahan dari beliau mengenai BD, namun setelah mengamati dan menvalidasi dengan penemuan di ‘lapangan’, ternyata si 20% akan terlihat juga jika kita teliti lebih jauh. Sebaiknya dimulai dengan menentukan BD untuk diri sendiri. 4 bagian BD itu adalah:
1. Otak kiri bawah (Memori) –> Sensing
2. Otak kiri atas (Analitis) —> Thinking
3. Otak kanan atas (Kreatif/Imajinasi) —> Intuiting
4. Otak kanan bawah (Emosi) —> Feeling

Untuk menentukan posisi otaknya, sekarang letakkan tangan kiri anda sedikit di atas tengkuk sehingga ujung telapak tangan anda menyentuh telinga. Yang telinganya agak jauh dari otaknya (waks, itu bukan tanggung jawab gue😉 ) itulah otak kiri anda yang fungsinya nyimpen momeri. Otak kiri atas bisa disejajarkan dengan mata kiri anda, begitu juga untuk yang lainya, tinggal posisi kiri di ganti kanan. Gimana? Jelas kan.

Sekarang penentuan anda BD apa. Siyap?
BD#1, Sensing. Jika anda:
Berpijak hanya pada yang nyata dan aktual
Mengolah informasi berdasarkan panca indera
Lebih berminat pada aplikasi praktis
Faktual dan memperlihatkan detail
Dapat mengingat suatu peristiwa secara berurutan
Menyerap gagasan secara bertahap
Mengandalkan pengalaman

BD#2, Thinking. Jika anda:
Analisis
Memecahkan masalah secara logis
Menggunakan hubungan sebab akibat
‘Though minded’
Melakukan analisa tanpa mempertimbangkan pribadi
Menghargai sesuatu yang masuk akal
Adil, keputusannya didasarkan pada kriteria yang objektif

BD#3, Intuiting. Jika anda
Perhatiannya pada gambaran umum yang lebih utuh
Mengolah informasi berdasarkan indera ke enam atau intuisi
Lebih berminat pada pemahaman imaginatif
Abstrak dan teoritis
Melihat pola dan makna
Orientasi pada masa depan
Mulai dari mana saja
Menyukai kemungkinan untuk berdaya cipta
Mengandalkan inspirasi

BD#4, Feeling. Jika anda
Mengutamakan nilai- nilai kemanusiaan
Baik hati, melihat sesuatu secara sama
Mencari keharmonisan
Pertimbangannya berdasarkan kasih sayang
Menerima dan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan akibatnya terhadap orang lain

Kalau membaca garis besar ini anda bingung BD anda yang mana, itu wajar, karena 20% anda kadang ketutupan dengan yang 80% alias lingkuangan sangat kuat mempengaruhi seseorang, namun kembali lagi ditekankan, kalau kita sabar dikit pasti akhirnya tau juga.

Terus apa untungnya kalo tau BD kita apa. Yang pasti seh jadi lebih ngertiin diri sendiri dan orang lain serta tau arah pengembangan diri.

Udah dulu ya, pegel neh ngetiknya. Silahkan diamati, dicermati, ditimbang-timbang, dibolak balik, pokoknya analisa diri anda pada saat merespon atau berperilaku yang merefer sebagian besar seperti salah satu BD di atas. Ntar kusambung lagi sodara-sodara. sampai jumpa, tetap semangat!

MA, Jkt 23 November 2007, 14.00, Underpressure by fans, hiks!

 

9 Responses to “Brain Dominance – Part 1”

  1. agoyyoga Says:

    Ternyata Bapak Farid Poniman sama dengan aku, pengagum teori Pareto 80-20…
    mau tahu indidual 20/80 bisa baca buku Richard Koch tuh…

    *bersambung*

  2. muliaarif Says:

    Yoga: So, which one are you?

  3. agoyyoga Says:

    Mbak aku perpaduan antara 2 dan 3, kalo di test (dengan jenis test yang lain) akan terlihat dominan otak kiri atas, sedikit dibanding otak kanan… jadi lebih ke analitis…

    Btw, menurutku kelak kalau aku test lagi ada kemungkinan hasil ini bisa berubah. Situasi berperan besar, untuk penentuan sikap mana yang dipilih dan cara apa yang dilakuka, serta yang terpenting exercise belahan otak sebelah mana yang paling intens dilakukan saat itu.

  4. muliaarif Says:

    Yoga: Nah itu dia challengenya. ‘Tangan kanan’ (BD yang utama) dan tangan kiri (BD penunjang) kadang agak nyaru. Memang tidak mudah menentukan BD yang utama, bawaan lahir kita. Tapi, karena aku mengenalmu dgn baik + jam terbang mengamati sekeliling, aku udah tau BD-mu yang utama yang mana. Aku g nulis di response ini, khawatir Yoga keberatan kalo di publish di sini.

  5. agoyyoga Says:

    Then you can foward to my email. You know which one, I’d like to read it… thanks sist!

  6. baliazura Says:

    klo saya sepertinya yang BD # 3
    saya suka intuisi meskipun kadang lebih dipengaruhi ego,tapi hasilnya dari ego dan keputusan tetap ada jawabannya kenapa,dan hal itu pasti yang terbaik buat saya:mrgreen:

  7. muliaarif Says:

    Yoga: We have discussed this over the phone. Insya Allah aku kirimkan ya…

    Baliazura: You know yourself very good. Dari gaya menulis puisi aku udah tau dari awal BD bli yang mana (Sorry, curi start😉 ) Semoga tulisan lanjutan bisa menjawab pertanyaan yang masih nggantung. Doakan saya sehat dan pas ‘mood’nya buat nulis.
    Tetap semangat!

  8. Agoy... Says:

    Thanks MA, it would be grateful if you can send to my office email… gak papa kan agak nakal dikit…

  9. nh18 Says:

    HHmmm … Boleh juga nih buat nambah-nambah …
    BTW … Sepertinya saya kenal dengan Farid Poniman ini … (dulu dia adik kelas saya, waktu kuliah di Bogor)
    Bangga juga saya nih …
    hehehe
    BTW terima kasih sudah mampir ke tempat saya …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s