Semangat pagi

Live is about a choice, depend on the frame of mind we choose

Hidup yang remeh temeh November 16, 2007

Filed under: Semangat Pagi — muliaarif @ 1:23 pm

Kalau kita melihat ke belakang lalu membandingkan dengan hari ini, apa saja pencapaian kita? Mungkin hari ini kita memang jauh lebih baik dari beberapa tahun yang lalu, mungkin juga statis alias sama aja, atau malah mundur dengan sukses. Refleksi ini jangan dijadikan hal yang mengecilkan semangat untuk maju jika ternyata kita tidak termasuk pada kriteria ‘lebih baik’, karena untuk merubah sesuatu kita harus sadar benar apa yang memang harus dirubah dengan ‘menyerang’ langsung ke akarnya, persis seperti tumbuhan.

Energi kita setiap hari, bagi yang tidak masuk kelompok ‘lebih baik’, sudah waktunya kita teliti kembali. Reaksi yang kita lakukan setiap hari atas peristiwa yang datang pada kita. Reaksi inilah yang menentukan akankah kita setiap hari bertumbuh dengan sehat atau malah semakin kerdil ditelan masa. Mungkin saja kita masih lebih banyak bereaksi untuk hal yang remeh temeh. Hal remeh temeh adalah hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu kita anggap sebagai hal yang perlu dipersoalkan. Contoh ringan, jika ada yang mengkritisi cara atau warna pakaian kita di depan orang banyak. Reaksinya; balik menyerang dengan menjatuhkan kawan bicara atau tersenyum manis pada kawan bicara lalu berkata dalam hati “Energi saya hanya untuk hal-hal yang penting saja”
Memang tidak mudah membiasakan hal-hal yang sebenarnya biasa yang kita tidak terbiasa. Seolah-olah, siapapun yang menghalangi jalan kita untuk terlihat, berposisi dan merasa lebih baik harus dilibas agar lancar jalannya, hingga akhirnya kitalah yang menjadi looser! Belum lagi tambahan musuh yang tidak terlihat.

Berbuat salah itu wajar asal niat awal sewaktu melakukannya bukan untuk menjatuhkan/merugikan orang lain. Jadi, jika reaksi kita salah, it is OK selama itu tidak merugikan orang lain. Toh, kita adalah pembelajar dari kesalahan-kesalahan kita dan kesalahan orang lain sebagai cermin untuk perbaikan kualitas hidup. Bagaimana hidup yang berkualitas? Kembali pada diri masing-masing, sangat subjektif.

Memulai dengan bermohon kemudahan dari Allah, mari kita mulai dari diri sendiri dan mulai hari ini untuk mengalokasikan energi kita untuk hal-hal yang menjadi pupuk untuk hidup lebih baik. Semoga istiqomah. Tetap semangat!

MA, 16 November 2007, 13.09, Thanks God it’s friday!

 

10 Responses to “Hidup yang remeh temeh”

  1. agoyyoga Says:

    Tiap hari selalu reaktif dan proaktif silih berganti tergantung sikon yang dihadapai mencoba belajar memilah… penting gak sih dilakukan….mungkin begitu ya mbak, bagaiman melakukan hidup ini..

    aku menemukan quote yang bagus nih;-
    It is wise to direct your anger towards problems — not people; to focus your energies on answers — not excuses.

    Tetap Semangant! I am ready for week end… how about you?

  2. agoyyoga Says:

    Tiap hari selalu reaktif dan proaktif silih berganti tergantung sikon yang dihadapai mencoba belajar memilah… penting gak sih dilakukan….mungkin begitu ya mbak, bagaiman melakukan hidup ini..

    aku menemukan quote yang bagus nih;-
    It is wise to direct your anger towards problems — not people; to focus your energies on answers — not excuses.

    Tetap Semangat! I am ready for week end… how about you?

  3. muliaarif Says:

    agoyyoga: Pasti postinganku menarik banget, sampe ngasih comment dua kali🙂

    Makasih quote-nya ya. Weekend? Siapa takut!

  4. Yoga Says:

    keep positive think…. the server did it..

  5. baliazura Says:

    yup mari kita mulai dari diri sendiri ,mulai sekarang..
    tetap semangatttt……..

    mau donk ikutan weeend

  6. adeksetiawati Says:

    “mengalokasikan energi untuk hal-hal yang menjadi pupuk untuk hidup yang lebih baik”
    ehm……mari kita coba

    Tetap semangaat!!!!!!!!!!

    @mbak yoga: pasti ngasi comment ambil ngelamun ya he..he..he..

  7. adeksetiawati Says:

    baliazura: kamu salah ketik lagi lhoooooooo…..
    weekend sayang bukan weeend…..

    *peace ha*

  8. muliaarif Says:

    Yoga: Positive feeling? Of course dear. No worries lah. Peace ha (jadi ketularan adek)

    Baliazura: Ayo bli, fly to Jkt.

    Adeksetiawati: Yes, it is the time. Belajar fokus pada esensi dari kejadian, supaya bisa lebih objective. Kita sama-sama belajar yak! Tetap semangat!

  9. mbak, kok cuma baliazura doang yang ditawarin fly to Jkt?? adek juga mau dong:mrgreen:

    *pasang tampang memelas*

  10. muliaarif Says:

    adek: O iya, mangap ya Dek. Adek, ayo fly to Jkt. Nah sekarang udah adil kan🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s