Semangat pagi

Live is about a choice, depend on the frame of mind we choose

Berpikiran positif atau berperasaan positif? Desember 6, 2007

Filed under: Semangat Pagi — muliaarif @ 11:32 am

Menurut penelitian, dalam sehari ada 6500 pikiran yang berseliweran di kepala kita. Pikiran itu bisa positif atau negatif. Nah, seandainya pikiran-pikiran yang berseliweran tadi kita tangkapin yang negatif terus kita poles menjadi pikiran positif, maka silahkan hitung berapa banyak waktu yang akan kita habiskan untuk aktifitas poles memoles tadi.

Sebenarnya ada cara yang lebih elegan dan cerdas, yaitu memelihara perasaan positif. Agak aneh memang, kita yang terbiasa di ‘papar’ pelajaran untuk selalu berpikir positif diminta untuk menggeser pemahaman agar berperasaan positif.

Question; mengapa kita butuh berperasaan positif dan bagaimana caranya agar bisa selalu berperasaan positif?

Kita butuh berperasaan positif agar semua pikiran yang berseliweran tadi selalu mempunyai wadah (hati/perasaan) yang siap menampung, negatif atau positif. Coba perhatikan, kalau hati kita senang nyaman, enak, peristiwa yang tidak menyenangkan jadi lebih ringan, karena wadahnya siap, lapang. Intinya, dengan berperasaan positif kita bisa lebih siap dan lebih ‘lentur’ bin ‘luwes’ dalam menghadapi setiap benturan dari dalam atau luar diri kita.

Nah, gimana mengusahakan agar selalu berperasaan positif? Sering-seringlah menurunkan frekuensi otak dari beta ke alfa zone. Lalu gimana caranya agar bisa mencapai alfa zone? Good question huh? Dianjurkan untuk sholat yang khusyuk, dzikir yang bersungguh-sungguh sepenuh hati, “hadir” di setiap kegiatan, bersyukur di setiap momen, dan masih banyak cara lainnya. Why so? Karena alfa zone adalah zona di mana pikiran dapat fokus dan pintu untuk mengakses nurani bawah sadar. Di zona ini, tubuh otomatis akan merasa nyaman, tenang, santai,bahagia dan otomatis yang namanya cairan pembuat bahagia dari otak yaitu endorphine dan serotonin; otomatis lancar mengalir….

Semoga saya diijinkan Allah untuk membahas frekuensi otak dan pengaruhnya, serta bagaimana menggunakannya sebagai senjata rahasia yang berkekuatan luar biasa. Untuk hari ini, tulisan ini sebagai pengingat buat saya, supaya banyak-banyak bersyukur. PR besar memang, tapi mari kita mulai dengan semangat yang luar biasa dan semoga Allah selalu memberi jalan yang mudah dan keistiqomahan. Aamiin. Mari mulai dari sendiri, mulai hari ini.
Tetap semangat!

MA, Jkt 6 December 2007, 08.11, Ehemmm….

About these ads
 

8 Responses to “Berpikiran positif atau berperasaan positif?”

  1. baliazura Berkata

    tul mbak,pada daerah alfa ada yang bilang bisa menangkap frekuensi kebahagiaan dan rasa tenang dan damai dari Tuhan YME,tapi kalau saya didaerah ini saya langsung tidur mbak,pengen belajar agar tetap sadar tapi sepertinya masih harus banyak belajar lagi.

  2. ravenshka Berkata

    positif, positif dan positif. pasti bahagia :)

  3. muliaarif Berkata

    baliazura: kalo langsung tidur,berarti sudah nggak di alfa, tapi sudah di theta menuju delta. Anyway, semua memang perlu exercise. So, Tetap semangat!

    Ravenshka: Yuuk…

  4. Agoy... Berkata

    *lagi nggak pingin mikir berat-berat*

    Mbak di suntik hormon endorphine dan serotonin aja, kalau pas sedih biar happy lagi ;-)

  5. adeksetiawati Berkata

    mbak saya baru tau ada cairan bahagia berupa hormon endorphin dan serotonin.
    kayaknya perlu rajin latihan nih biar hormon itu
    selalu mengalir terus dalam tubuh

  6. muliaarif Berkata

    Yoga: Cara cepat dan ‘ngeri’ untuk bahagia, apalagi yang takut ama jarum.

    Adek: Mas Endorphin dan serotonin ini selalu standby untuk mengalir di otak kita, tinggal gimana kita bisa mentrigger-nya. Selamat berlatih, Tetap semangat!

  7. bidari Berkata

    thanx u saran ‘banyak ngilang’ :D
    udah enakan nih :)

    i think i better focusing my mind rather than doing ‘anything’

    wish me luck
    -luv-

  8. muliaarif Berkata

    bidari: Alhamdulillah kalau sudah enakan. You are right, focus and control your mind. When you end up with ‘sumthing’ make sure to make it real!

    Good luck!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.